4 Resep Ayam Geprek Paling Enak dan Bikin Laper

Ayam adalah salah satu binatang yang paling banyak dibudidayakan untuk diambil daging ataupun telurnya sebagai bahan makanan sehari hari. Tidak sedikit orang memelihara ayam untuk dijual kembali kepada para pedagang dipasar.

Berbicara tentang ayam, banyak sekali bahan olahan makanan yang menggunakan bahan dasar ayam salah satunya adalah olahan Ayam Geprek.

Bila kamu perhatikan sekarang ini banyak sekali orang – orang berjualan Ayam Geprek dengan berbagai macam rasa dan variant seperti, Ayam Geprek Keju, Ayam Geprek Original, Ayam Geprek Mozarella dan masih banyak lagi.

Nah, tapi tau nggak sih kamu? Bahwa ayam geprek yang dijual di pinggir jalan mudah untuk dibuat dirumah loh. Inilah 4 Resep Ayam Geprek Paling Enak dan Bikin Laper, Simak ulasannya sebagai berikut :

1. Resep Ayam Geprek Judes

Ayam Geprek Judes

Buat kamu pencinta makanan pedas, Resep ayam geprek judes ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu hidangan makanan kamu dikala sedang kelaparan, Bagaimana cara membuat Ayam Geprek Judes? Simak ulasannya sebagai berikut :

Bahan – Bahan :

1. Siapkan 2 Potong Ayam yang sudah di ungkep bumbu kuning

2. 1 Sendok teh garam.

3. 1 Sendok  teh gula.

4. Terasi secukupnya.

5. Cabe rawit 20 buah.

6. 4 siung bawah putih.

7. 2 siung bawah merah.

Cara Memasak :

1. Gorenglah 2 potong ayam yang sudah disiapkan sebelumnya hingga matang.

2. Setelah matang, Kamu bisa diamkan sebentar sampai minyak di ayam gorengnya sedikit berkurang.

3. Sambil menunggu minyak di ayam goring berkurang, kamu bisa mulai membuat sambal judes sebagai pelengkap.

4. Langkah selanjutnya adalah tumis lah cabe rawit, bawang putih, dan bawang merah hingga layu dan tercium aroma harum. * Kurang lebih 2 menit*.

5. Setelah itu, siapkan ulekan untuk mengulek bahan bahan yang ditumis sebelumnya dan tambahakan sedikit garam, gula serta terasi secukupnya. Disini kamu harus ulek sambel hingga halus.

6. Jika sambel sudah halus, Ambil ayam yang sudah ditiriskan sebelumnya dan mulailah menggeprek ayam tersebut diatas sambel. Sekiranya sudah cukup geprakannya ratakan ayam dengan sambel judesnya dan hidangkan ayam geprek sambel judes bersama dengan lalapan dan nasi hangat.

7. Hidangan Ayam geprek sambel judes siap untuk disajikan.

2. Resep Ayam Geprek Sambal Bawang

Ayam Geprek Sambal Bawang

Ayam Geprek Sambel Bawang sering banget menjadi menu Favorite di beberapa restoran Ayam Geprek yang ada di seluruh Indonesia. Padahal bila kamu perhatikan cara membuat Ayam Geprek Sambel Bawang ini sangat mudah banget dan bahan – bahannya pun sangat mudah di temukan di pasar modern maupun pasar tradisional. Berikut ini adalah Resep Ayam Geprek Sambel Bawang :

Bahan bahan :

1. 1 Ekor Ayam kampung.

2. Bawang Merah 5 siung.

3. Bawang putih 4 siung.

4. Serai 1 batang.

5. Kunyit 2cm.

6. Lengkuas 1cm.

7. Jahe 1 cm

8. Daun Salam 3 lembar.

9. Garam Secukupnya.

10. Air Secukupnya.

Bahan Bumbu Sambal Ayam Geprek Bawang :

1. Cabe Rawit 20 buah (Bila kurang pedas bisa ditambah)

2. Bawang putih 3 siung.

3. Bawang merah 6 siung.

4. Garam Secukupnya.

Cara Membuat :


Langkah Pertama, kita buat bumbu ungkepan ayam supaya lebih empuk dengan cara ulek semua bahan bahan seperti, Bawang Merah, Bawang Putih, Serai, Kunyit, Lengkuas, Jahe, Daun Salam, dan garam secukupnya.

Langkah Kedua, Sekira bumbu ungkepan sudah halus, lumuri 1 ekor ayam kampong tersebut hingga terlumuri merata dan selanjutnya kamu bisa mulai dengan mengukus ayam sampai lunak dagingnya.

Langkah Ketiga, Setelah daging ayam sudah empuk saatnya panaskan minyak dengan api sedang dan masuk ketahap penggorengan hingga ayam berubah warna menjadi kecoklatan atau goreng sampai matang.

Langkah Keempat, Tumis bumbu sambel AYam Geprek Bawang hingga harum, angkat dan mulailah ulek bumbu dan tambahkan garam secukupnya hingga halus.

Langkah Kelima, Letakan ayam goreng diatas sambel ulekan dan gepreklah ayam sesuai selera kalian masing masing.

Langkah Keenam, Ratakan Ayam geprek dengan sambel bawangnya dan hidangkan bersama nasi hangat serta es teh manis biar makin mantab rasanya.

Langkah ketujuh, Menu Ayam Geprek Sambel Bawang siap untuk disantap.

3. Resep Ayam Geprek Keju Mozzarella

Ayam Geprek Keju Mozzarella

Dari sekian banyaknya menu makanan Ayam Geprek pasti menu makanan Ayam Geprek Keju Mozarella paling laris dipesan oleh para pembeli. Perpaduan antara pedasnya sambel ayam geprek ditambah dengan kamu mozzarella manis serta gurih ini bikin kita ketagihan ingin makan lagi dan lagi.

Buat kamu yang ingin merasakan menu Ayam Geprek Keju Mozarella dirumah. Cara membuatnya sangat mudah loh dan bahan bahannya bisa didapatkan di supermarket atau di pasar tradisional loh. Berikut ini bahan bahan yang harus disiapkan untuk membuat Ayam Geprek Keju Mozarella.

Bahan Utama :

1. 2 Potong Dada Ayam.

2. 1 Bungkus Tepung Sajiku.

3. Keju Mozzarella Secukupnya.

Bahan Sambel Geprek :

1. Bawang Merah 4 siung.

2. Bawang Putih 3 siung.

3. 15 Cabe Rawit.

4. Garam secukupnya.

Cara Membuat :


Langkah Pertama, Siapkan 2 piring untuk membuat adonan basah dan adonan kering dari tepung sajiku.

Langkah Kedua, Lumuri ayam dengan adonan kering terlebih dahulu kemudian, lumuri adonan basah, Ulangi langkah ini sebanyak 2x supaya ayam ketika digoreng menjadi lebih krispi.

Langkah Ketiga, Goreng ayam yang sudah dilumuri dengan adonan tepung hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Langkah Keempat, Bahan Sambel Geprek goreng hingga setengah matang. Selanjutnya, ulek bahan sambel geprek hingga halus jangan lupa untuk menambahkan garam secukupnya.

Langkah Kelima, Letakan ayam goreng crispy diatas sambel dan mulailah kamu menggeprek ayam tersebut hingga hancur.

Langkah Keenam, Parut keju mozzarella diatas ayam yang sudah digeprek dan dihaluskan bersama dengan sambelnya.

Langkah Ketujuh, Kamu bisa mulai membakar dengan alat gas torch hingga keju mozarellanya meleleh.

Langkah Kedelapan, Hidangkan ayam gemprek keju mozzarella bersama dengan nasi hangat berserta lalapan.

4. Resep Ayam Geprek Sambal Matah

Ayam Geprek Sambal Matah

Bosen olahan Ayam Geprek yang itu – itu saja? Yuk saatnya kamu berkreasi dengan membuat Ayam Geprek Sambal Matah sekarang. Karena, perpaduan gurihnya ayam dipadukan dengan sambal matang yang bikin merem melek ini patut untuk kamu coba sekarang juga. Berikut ini cara membuat Ayam Geprek Sambal Matah :

Bahan – Bahan :

1. Siapkan 1/4 KG Ayam Kampung.

2. Tepung Terigu secukupnya.

3. Tepung Maizena.

4. Lada Bubuk.

5. Garam secukupnya.

6. Bawang Putih 2 siung.

Bumbu Sambal :

1. Bawang Merah 7 siung.

2. Bawang Putih 4 siung.

3. Cabe Merah 6 buah.

Cara Membuat :


1. Langkah pertama, siapkan panci kususan dan masukan ayam, garam dan bawang putih yang sudah digeprek. Kukus kurang lebih 15 menit hingga daging terasa empuk.

Langkah kedua, Siapkan wadah masukan tepung terigu, maizena, lada secukupnya dan air. Aduk adonan tepung hingga tercampur rata.

Langkah ketiga, Campurkan Ayam yang sudah direbus ke dalam adonan tepung, aduk kembali sampai ayam serta adonan tercampur.

Langkah keempat, Siapkan penggorengan dan goreng ayam hingga matang kecoklatan, Angkat dan tiriskan.

Langkah kelima, Potong kasar bawang merah, bawang putih, dan cabe merah selanjutnya tumis hingga tercium aroma wangi.

Langkah keenam, Ulek kasar bawang putih, bawang merah dan cabe merah yang sudah di tumis sebelumnya, Jangan lupa tambahkan garam secukupnya.

Langkah ketujuh, Masukan ayam satu persatu dan gepreka ayam hingga terbaluri dengan sambal matah yang sudah dibuat.

Langkah kedelapan, Makanan Ayam Geprek Sambal Matah siap untuk dihidangkan bersama dengan nasi serta es teh manis.

Kesimpulan


Aneka menu masakan Ayam Geprek diatas bisa kamu sajikan bersama dengan nasi putih hangat dan es teh manis yang bikin cita rasanya semakin lebih lezat dan nikmat untuk dimakan. Selain itu, semua bahan bahannya bisa kamu beli di supermarket ataupun pasar tradisional. Sehingga, kamu bisa buat menu masakan ayam geprek ini kapan saja.

Post a Comment

8 Comments

  1. Aku sih biasanya kalo beli ayam geprek itu yang sambel matah. Enak banget

    ReplyDelete
  2. Biasa makan ayam geprek sambal bawang, lihat di sini jadi ingin ngerasain ayam geprek keju mozzarella, kebayang sedapnya.

    ReplyDelete
  3. Ayam geprek sambal bawang adalah favorit sepanjang masa! Wahaha. Aku juga suka bikin sendiri nih di rumah. Kadang pake ayam goreng biasa, kadang pakai ayam tepung krispi.

    ReplyDelete
  4. Pengen coba yang sambal matah sama mozarella-nya. Biasanya kalau buatin si kecil ga pakai sambel, cukup mozarella aja. Ayamnya digoreng tepung krispi. Yummy...

    Anita Makarame

    ReplyDelete
  5. Wow, resep ayam geprek. Aku suka banget nih sama ayam geprek. Rasanya pedas dan bikin pingin nambah nasi lagi

    ReplyDelete
  6. Favorit aku banget nih. Paling enak kalau cabenya banyak dan pepedes. Kudu keringetan kalau makan geprek

    ReplyDelete
  7. favoritku sambal mataaaah, enak banget dan seger hihi. kalau aku sih geprek sukanya yang minyaknya dikit atau agak kering, pasti ngilangin laper

    ReplyDelete
  8. Aku terpantik dengan resep ayam yang pertama. Udah geprek pake judes pula.
    Ini buatnya sambil ngedumel apa ya..

    haha

    ReplyDelete