Inilah 7 Resep Makanan Jengkol Paling Lezat dan Menggugah Selera

Jengkol adalah bahan makanan yang sangat tidak disukai oleh banyak orang. Karena Jengkol dapat menyebabkan bau mulut enjadi tidak sedap dan bila kamu buang air kecil pun akan menimbulkan bau yang tidak enak.

Dari bau yang tidak sedap tersembunyi cita rasa Jengkol yang nikmat dan bikin kita ketagihan. Memang bila kamu pertama kali memakan jengkol pasti rasanya aneh. Tetapi semakin sering kamu memakan Jengkol dengan berbagai macam olahan makanan pasti bikin ketagihan.



Banyak orang mengolah Jengkol menjadi menu olahan Jengkol balado dan Semur Jengkol. Nah kali ini Rine ingin membagikan 20 Kumpulan Resep Jengkol Paling Lezat dan Menggugah Selera nih biar kamu ada variasi makanan olahan Jengkol gitu kan. Simak ulasannya pada artikel kali ini yaa..

1. Rendang Jengkol

Rendang Jengkol Nikmat

Emang bisa ya Jengkol dibuat olahan rendang? Ohh tentunya bisa dong. Biasanya kan bahan utama rendang adalah daging sapi kan, Bagaimana kalo kita ubah bahan utamanya menjadi Jengkol pasti rasanya pun akan berubah deh.

Cara Membuat Rendang Jengkol sangatlah mudah, resep ini saya kutip dari website Cookpad berikut ini adalah Resep Rendang Jengkol Mudah dan Nikmat ketika dimakan sebagai berikut :
Siapkan Bahan – Bahan seperti,

- Jengkol Muda 1/4 Gram.

- Lengkuas potong menjadi 4 cm.

- Daun Jeruk 2 Lembar.

- Daun Salam 2 Lembar.

- Serai 1 Batang.

- Santan Kental 300ml.

- Santan Encer 400ml.

- Bawang Merah 5 Siung.

- Bawang Putih 5 Siung.

- Cabai Besar 5 Buah.

- Cabe Rawit 5 Buah, *bila suka pedas bisa tambahkan cabai rawit sesuai selera

- Ketumbar 1/2 sendok teh.

- Jahe 3cm.

- Kemiri 2 buah.

- Garam 1 Sendok Makan.

- Gula Pasir 1/2 Sendok Makan.

- Merica Bubuk 1 Sendok Teh.

- Kaldu Jamur 1 Sendok Teh.

Setelah semua bahan bahan disiapkan sekarang saatnya eksekusi bahan bahan tersebut menjadi makanan Rendang Jengkol yang lezat dan menggugah selera.

- Rendam Jengkol di panci yang sudah berisikan air dan masukan daun salam, Rendam kurang lebih 1 hari.

- Setelah 1 hari direndam Jengkolnya, kamu bisa mulai kupas kulit jengkolnya hingga bersih dan selanjutnya kamu bisa pipihkan jengkol dengan ulekan. *Penting : Jangan terlalu tipis memipihkan Jengkolnya ya.

- Bila jengkol sudah bersih dan sudah dipipihkan dengan sempurna, sekarang kamu bisa siapkan bahan dan bumbu untuk dihaluskan.

- Setelah bumbu sudah halus semuanya, sekarang kamu bisa mulai masuk ketahap menumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis bumbu halus hingga wangi dan berubah sedikit warna kecoklatan.
- Bumbu sudah berubah warna saatnya kamu masukan Lengkuas, daun jeruk, salam, dan sereh. Tumis kembali hingga merata.

- Kemudian, masukan Jengkol yang sudah dipipihkan beserta santan encer yang sudah disiapkan aduk kembali hingga merata dan kuah santan sedikit menyusut.

- Setelah kuah santan menyusut, semua bumbu tercampur merata dengan jengkol saatnya kamu masukan santan kental. Aduk – Aduk kembali hingga santan kental menyusut. Disini kamu boleh mencicipi rasa rendang jengkolnya.

- Bila semua rasa sekiranya sudah pas, matikan kompor dan hidangan Rendang Jengkol siap untuk dihidangkan bersama dengan Nasi Hangat.

2. Keripik Jengkol

Keripik Jengkol Renyah

Tau nggak sih bahwa Jengkol juga bisa dibuat olahan Keripik loh. Caranya sangat mudah untuk membuat Keripik Jengkol sebagai berikut :

Pertama kamu harus siapkan bahan bahannya terlebih dahulu seperti :

- Jengkol Tua 1 Kg

- Garam secukupnya

- Royco secukupnya.

- Dan Minyak Goreng secukupnya.

Setelah semua bahan telah siapkan saatnya masuk ke langkah pembuatan Keripik Jengkol sebagai berikut :

- Rebus Jengkol Tua yang sudah disiapkan hingga setengah matang.

- Bersihkan Jengkol dari kulitnya, kemudian pipihkan jengkol hingga berbentuk emping.

- Selanjutnya, Jemur Jengkol dibawah sinar terik matahari hingga kering.

- Setelah jengkol sudah kering kamu bisa mulai menggoreng jengkol hingga berubah warna kecoklatan. Keripik Jengkol siap untuk dihidangkan.

3. Jengkol Sambal Cabe Ijo

Jengkol Sambel Cabe Ijo Maknyuss

Buat kamu pencinta sambal Cabe Ijo ternyata olahan jengkol juga bisa dibuat Jengkol Sambal Cabe Ijo loh dan dari segi rasa pastinya sangat menggugah selera banget cocok buat kamu yang suka makanan sambal yang tidak terlalu pedas. Berikut ini cara membuat Jengkol Sambal Cabe Ijo :

Pertama kamu harus siapkan bahan bahan utama untuk membuat resep makanan Jengkol Sambal Cabe Ijo seperti :

- Jengkol Muda 1/4.

- Cabe Hijau Keriting 1 ONS.

- Tomat Hijau 3 Buah.

- Bawang Merah 5 Siung.

- Garam 1sdt.

- Royco secukupnya.

- Jeruk Nipis 1 buah.

- Minyak Goreng Secukupnya.

Setelah semua bahan bahan sudah disiapkan sekarang masuk ke tahap eksekusi cara membuat jengkol sambal cabe ijo sebagai berikut :

- Cuci Bersih Cabe, Tomat dan juga Jengkol Mudanya.

- Setelah di cuci bersih kamu bisa mulai merebus cabe, tomat dan bawang merah. Rebus hingga bahan bahannya lunak, Angkat dan Tiriskan.

- Langkah selanjutnya adalah kamu mulai mengupas Jengkol dari kulitnya hingga bersih.

- Setelah jengkol sudah bersih dari kulitnya, kamu bisa panaskan minyak goring dan masuk ke tahap menggoreng jengkol sampai setengah matang.

- Sambil menggoreng jengkol, kamu bisa mulai mengulek bahan bahan cabe ijo yang sudah direbus sebelumnya hingga halus. Tidak lupa untuk tambahkan jeruk nipis, garam dan royco ya supaya makin sedap sambal cabe ijonya.

- Setelah sambal cabe ijonya jadi dan jengkolnya sudah dimasak setengah matang. Selanjutnya, kamu bisa mulai menumis sambal cabe ijo dan juga jengkolnya hingga matang.

- Apabila sambal cabe ijo dan jengkolnya sudah tercampur merata dan terlihat matang. Kamu sudah bisa menyajikannya di piring kesayangan dan hias sesuka hati kamu deh.

Mudah banget kan membuat Jengkol Sambal Cabe Ijo. Hidangan ini sangat cocok dikombinasikan dengan nasi putih yang hangat dan juga Es Teh Manis biar makin sedap.

4. Nasi Goreng Jengkol

Nasi Goreng Jengkol lezat

Buat kamu pencinta Nasi Goreng wajib mencoba olahan Nasi Goreng dengan Jengkol. Mungkin terdengar aneh dan rasanya tidak karuan. Namun, bila diolah dengan cara yang benar ternyata rasa Nasi Goreng Jengkol ini sangatlah enak loh. Langsung saja deh berikut ini adalah cara membuat Nasi Goreng Jengkol lezat dan Nikmat :

Pertama siapkan bahan utamanya seperti :

- Nasi Putih 1 Piring

- Jengkol 3 butir, Bersihkan dari Kulitnya.

- 15 Cabe Rawit, Bila suka pedas bisa ditambahkan Cabe Rawit lebih banyak.

- Bawang Merah 5 Siung.

- Bawang Putih 2 Siung.

- Gula dan Garam secukupnya.

Setelah semua bahan disiapkan sekarang kita buat Nasi Goreng Jengkol yang nikmat cekidot :

- Langkah pertama, Uleg bawang putih, bawah merah dan cabe rawit yang sudah disiapkan sebelumnya. Uleg hingga halus dan tidak lupa untuk tambahkan gula serta garam secukupnya.

- Langkah kedua, Iris 3 butir jengkol secara memanjang, kemudian kamu bisa memasak Jengkol yang sudah diiris hingga matang.

- Langkah ketiga, setelah jengkol matang kamu bisa tiriskan sejenak supaya minyaknya berkurang dan selanjutnya kamu bisa mulai menumis bumbu Nasi Goreng Jengkol yang sudah di uleg halus sebelumnya.

- Langkah Keempat, Tumis Bumbu hingga harum kemudian masukan irisan jengkol yang sudah digoreng dan aduk hingga merata.

- Langkah Kelima, Setelah bumbu dan jengkol merata kamu bisa mulai masukan Nasi yang sudah disiapkan sebelumnya dan mulai aduk bumbu dan nasi secara merata. Tidak lupa untuk menambahkan kecap manis, gula, dan garam sebagai pelengkap.

- Langkah Keenam, Bila terasa sudah matang dan tercampur merata kamu sudah bisa mulai meletakan Nasi Goreng Jengkolnya ke piring kesayangan dan mulai menghiasnya biar semakin cantik serta menggugah selera.

5. Jengkol Krispi Pedas

Jengkol krispi pedas

Bila kamu suka makan makanan yang krispi seperti, Ayam Goreng Krispi, Jamur Goreng Krispi, Bakso Goreng Krispi. Berani cobain makanan Jengkol Krispi Pedas tidak nih? Ternyata bila jengkol dibuat krispi rasanya sangat lezat loh dan cukup buat mengganjel perut dikala kelaparan menghadang.

Cara Membuat Jengkol Krispi Pedas pun sangatlah mudah dan simpel, Perhatikan resepnya sebagai berikut :

Pertama Siapkan semua bahan bahan untuk membuat jengkol krispi pedas seperti:

- Jengkol Tua 1/2 kg.

- Cabe Keriting 5 buah.

- Cabe Rawit 5 buah.

- Bawang Merah 6 siung.

- Bawang Putih 6 siung.

- Ketumbar 4 butir.

- Kunyit 1 ruas.

- Minyak Goreng secukupnya.

- Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.

Bahan bahan sudah disiapkan, saatnya untuk melanjutkan memasak Jengkol Krispi Pedas sebagai berikut :

- Langkah pertama, Bersihkan jengkol dari kulitnya, kemudian rendam sekitar 10 menit.

- Langkah kedua, Setelah direndam setelah 10 menit kamu bisa mulai mengiris Jengkol dengan ukuran tipis – tipis supaya nantinya jengkol bisa lebih garing dan krispi.

- Langkah ketiga, Setelah jengkol sudah diiris tipis, saatnya mulai menggoreng jengkol hingga matang dan texturenya berubah menjadi lebih garing.

- Langkah keempat, Tiriskan jengkol bila sudah terasa garing dan sekarang kamu bisa mulai menguleg bahan bahan bawang putih, bawang merah, ketumbar, cabe keriting, cabe rawit dan kunyit sampai halus.

- Langkah kelima, Masuk ketahap tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan masukan jengkol goreng kering, aduk – aduk hingga merata.

- Langkah keenam, Setelah terasa sudah tercampur merata kamu bisa melakukan tes rasa jengkol krispi pedasnya. Bila sudah pas bisa langsung matikan kompor dan hidangan Jengkol Krispi Pedas siap untuk disajikan.

6. Jengkol Balado Pedas

Jengkol Balado Pedas

Jengkol Balado Pedas adalah menu Favorite para pencinta kuliner olahan Jengkol. Perpaduan Jengkol kenyal dengan cabe merah yang dibuat balado pedas ini bikin nafsu makan kamu bertambah. Apalagi cara membuat jengkol balado pedas itu sangatlah mudah seperti berikut ini :

Pertama siapkan bahan bahan utamanya terlebih dahulu :


- Jengkol 1/2 kg.

- Cabe merah keriting 250 gram.

- Cabe rawit merah 100 gram.

- Bawang merah 5 siung.

- Bawang Putih 3 siung.

- Kaldu Jamur 1/2 sdt.

- Garam 1/2 sdt.

- Minyak Goreng secukupnya.

Cara Membuat Jengkol Balado Pedas :

- Rebus 1/2 kg Jengkol hingga matang.

- Uleg bahan bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah dan cabe merah keriting sampai halus.

- Selajutnya, saatnya untuk menumis bumbu halus yang sudah disiapkan hingga harum dan masukan jengkol yang sudah bersih dan sudah direbus aduk terus hingga bumbu tercampur merata dengan jengkol.

- Berikan sedikit air dan garam biar ada rasa asin pada Jengkol Balado Pedasnya.

- Tester rasa Jengkol balado pedasnya dan sekiranya bila sudah matang dan cukup empuk kamu bisa mulai matikan kompor dan tata di piring cantik.

Perlu diingat bahwa masakan Jengkol Balado Pedas ini sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat dan juga es teh manis.

7. Semur Jengkol

Semur Jengkol Manis

Selain menu Jengkol Balado Pedas, Menu olahan jengkol satu ini tidak boleh terlewatkan yaitu, Semur Jengkol. Yaps, Masakan ini bisa kamu jumpai di penjual Nasi Uduk Betawi dan masih banyak lagi tempat makanan jengkol yang menyajikan olahan Semur Jengkol.

Kali ini Rine ingin membagikan resep cara membuat Semur Jengkol yang sangat lezat sebagai berikut :

Pertama siapkan bahan bahannya seperti,


- Jengkol Tua 1/4 Gram.

- Serai 1 batang geprek

- Lengkuas geprek 1 batang.

- Daun salam 2 lembar.

- Kecap manis secukupnya.

- Gula merah secukupnya.

- Garam secukupnya.

- Lada secukupnya.

- Kaldu Sapi secukupnya.

- Bawang merah 5 Siung.

- Bawang putih 2 Siung.

- Ketumbar sangria 1sdt

- Kemiri Sangrai 4 butir.

Cara Pembuatan Semur Jengkol Nikmat :

- Rebus Jengkol Tua hingga matang, Bersihkan jengkol dari kulitnya, cuci bersih dan geprek jengkol 1 per 1 hingga pipih.

- Setelah semua jengkol sudah pipih diamkan sejenak dan kamu bisa mulai menguleg bahan bahan seperti bawang merah. Bawang putih, Ketumbar sangria, dan Kemiri Sangrai. Uleg semua bahan hingga halus.

- Selanjutnya, Tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi dan masukan daun salam, serai geprek dan lengkuas geprek aduk sampai bumbu merata.

- Kemudian, bila terasa semua bumbu sudah tercampur merata kamu bisa masukan jengkol yang sudah dipipihkan aduk kembali hingga merata.

- Jangan lupa selama mengaduk jengkol dan bumbu sampai merata tambahkan kecap manis, gula merah, garam, lada, dan kaldu sapi secukupnya aduk kembali hingga merata.

- Tambahkan sedikit air supaya tidak terlalu kental semur jengkolnya dan cicipin sedikit semur jengkolnya bila rasanya sudah cocok dan pas di lidah kamu. Matikan kompor dan Semur Jengkol siap untuk dihidangkan.

Kesimpulan

Inilah 7 Resep Makanan Jengkol yang bisa kamu coba buat dirumah masing masing dan semua bahan bahan yang dibutuhkan ada di pasar tradisional maupun modern perlu dingat walaupun kamu suka makan Jengkol alangkah lebih baiknya jangan terlalu banyak makannya karena dapat menimbulkan beberapa penyakit bila terlalu banyak mengkonsumsi Jengkol.

Post a Comment

20 Comments

  1. Gak nyangka.. kirain si Mimin cuma bisa makan doang, ternyata jago juga ngeracik menu favoritnya.. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mimin bisa dong buat racikan jengkol yang nikmat untuk dimakan kak

      Delete
  2. Kak ada sedikit typo ya kak?

    Di bagian rendang jengkol sama semur jengkol, bahan utamanya jengkol 1/4gram. Maksudnya mungkin 1/4kg ya.

    Untuk varian masakan yang terbuat dari jengkol, kalau saya lebih suka akan semur jengkol dan rendang jengkol. Setiap kali makan dengan semur jengkol atau rendang jengkol, entah kenapa sering kali terjadi penambahan nasi yang berulang kali.

    😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas revisinya ya kak, nanti akan saya benerin, makanan jengkol memang bikin ketagihan banget

      Delete
  3. Ya ampun aku mau semuanya, mendadak lapar. Aku termasuk yg suka banget jengkol beserta olahannya. Kalo ke warung nasi padang, gak lupa makan jengkol. Yg belum pernah coba kayanya yg sambal ijo

    ReplyDelete
  4. buat pecinta jengkol semua menu ini pasti jadi favorit dan surgaaa bangeeet :) sayang aku kurang suka, berasa pusing abis makannya wkwkwk tp ngebayangin orang suka makan jengkol kok laper

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya iya sih kalo orang yang tidak suka dengan makanan jengkol itu pasti bakalan aneh tapi pencinta jengkol pasti bakalan ketagihan

      Delete
  5. Jengkol itu memang bau tapi bisa menggugah selera makan. Kalau makan dengan jengkol, bisa ngabisin nasi banyak hihihi.
    Jadi pengen buat yang sambal ijo, kalau semur dan balado jengkol udah biasa :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kak, jengkol itu memang sedikit bau sehabis dimakan tapi bikin kita ketagihan ketika sudah dimakan

      Delete
  6. Aku sebetulnya enggak terlalu suka sama jengkol. Ya sama kayak orang kebanyakan sih ya, karena baunya. Tapi pernah nyicip keripik jengkol yang gak ada bau-baunya sama sekali sampe gak tau kalo itu jengkol. Enaak. Ngolah jengkol tuh simple juga ya ternyata. Resep jengkol krispi pedasnya menarik nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kak dicoba dong makan makanan jengkol nikmat banget loh untuk dimakan

      Delete
  7. Keripik Jengkol nih yang iconic banget mas, bisa gantiin kerupuk sih, dan bentuk fisiknya agak gede, lebar, jadi modal jengkol sedikit bisa dapet banyak, hehehe

    ReplyDelete
  8. Aku suka jengkii..eh, jengkol.
    Tapi orang serumah gak ada yang suka. Jadi aku gak pernah masak.
    Alhamdulillah,
    Kalau tetangga masak, suka dianterin menu masakan jengki.
    Aaakk~
    Lezaat...

    ReplyDelete
  9. Aduh ini jengkolina dan jengkoldede menggoda banget ya. Tapi bahaya lho kalau terlalu banyak makan jengkol asam urat katanya ya

    ReplyDelete
  10. Wow.... jengkonya nih enak2. Aku doyan banget. Awalnya gak doyan sih. Eh tapi lama2 enak. Yang belum pernah aku coba tuh keripik jengkol. Belum nemu yang jual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keripik jengkol memang jarang kak yang jualnya soalnya lumayan susah juga buatnya biar si jengkolnya kerispi

      Delete
  11. Wah resep serba jengki...aku sukanya kerupuk jengki kok nggak ada resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nanti saya tambahkan kak untuk resep kerupuk jengkolnya

      Delete
  12. Inspirasi dan insight baru yang belum saya dapatkan sebelumnya.

    ReplyDelete