Ketahuilah, Penyakit Diabetes Bisa Menyerang Anak Usia Dini


Mempunyai kelebihan berat badan memang sangat tidak menyenangkan. Mau mencari pakaian susah, celana susah dan bahkan untuk beraktifitas saja terasa sangatlah malas. Biasanya banyak orang menyebut permasalahan kelebihan berat badan ini dengan nama penyakit Obesitas atau Diabetes.

Apa sih itu Diabetes?



Diabetes adalah sebuah penyakit tidak menular yang disebabkan oleh konsumsi kadar gula berlebihan sehingga sel darah tidak mampu menyerap kandungan kadar gula dalam tubuh. Bila hal ini terus dilakukan maka penyakit ini bisa menjadi sangat berbahaya.

Biasanya penyakit tidak menular ini sering kita temui di kalangan orang dewasa, dimana mereka lebih senang mengkonsumsi kadar gula yang berlebihan dan lebih cenderung menyukai makanan atau minuman yang manis manis. Namun, ternyata ada fakta menarik loh, penyakit diabetes bisa menyerang kalangan anak di usia dini.

Tepat pada tanggal 15 November 2019, Saya diundang oleh kementerian kesehatan republic Indonesia untuk menghadiri sebuah seminar bertemakan “Diabetes Miletus” dan sekaligus pada hari itu juga kita semua memperingati Hari Diabetes Sedunia.

Acara ini dibagi menjadi dua sesi dengan pembicara yang berbeda – beda :


Sesi 1 :


- Pembicara Dr. Cut Putri Arianie selaku Direktur P2PTM Kemenkes RI, beliau menjelaskan Implementasi dan Pencegahan Diabetes Miletus.

- Prof. dr. Jose RL Batubara, PhD, SpA (K) dari Divisi Endokrinologi Anak, FKUI – RSCM, Beliau menjelaskan tentang Diabetes Miletus Tipe 1 pada Anak.

- dr. Fatimah Eliana Taufik, Sp.PD, KEMD ia adalah Dokter Penyakit Dalam Konsultan Endokrinologi menjelaskan tentang Peranan Upaya Promotif dan Preventif di tingkat individu dan keluarga dalam upaya mencegah diabetes.

Sesi 2 :


- Suharyati, SKM, MKM, RD – PERSAGI, beliau menjelaskan tentang Gaya Hidup Sehat dengan Gizi Seimbang.

- dr. Michael Triangto , SpKO, Beliau menjelaskan tentang Kiat dan Teknik Peningkatan Aktivitas Fisik di Tingkat Individu dan Keluarga.

Penyakit diabetes di Indonesia menempati posisi ke enam dari penyakit tidak menular yang dapat menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan daya tingkat konsumsi makanan atau minuman gula yang berlebihan dan orang yang paling banyak terkena penyakit ini adalah orang dewasa sedangkan, untuk anak kecil bisa saja terkena penyakit diabetes loh. Banyak sekali orang tua yang belum mengetahui tentang hal tersebut.

Sebenarnya penyakit Diabetes pada anak tidak jauh berbeda dengan orang dewasa hanya saja khusus untuk anak anak buat pengobatan harus melalui suntikan insulin yang banyak. Mengingat masa anak anak adalah masa dimana manusia sedang masa pertumbuhan.

Biasanya pemberian insulin pada anak yang terkena penyakit diabetes sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari dengan jadwal pemberian insulin dua kali sebelum makan pagi dan dua kali sebelum makan malam. Dampak anak anak yang terkena diabetes adalah segala aktifitas merasa cepat melelahkan bahkan untuk menggerakan badannya saja terasa lebih berat juga.

Lalu apa pencegahan diabetes pada anak anak ini? Secara teori sih tidak jauh berbeda dengan orang dewasa yaitu, aturlah pola makan dengan baik, kurangin konsumsi gula dan garam, perbanyak aktifitas fisik bisa dengan lari ataupun olahraga yang disukai dan perbanyak minum air putih setiap hari. Bila kamu semua mulai dari orang dewasa hingga anak anak melakukan pola hidup sehat insyallah kamu akan terhindar dari penyakit diabetes tersebut.

Post a Comment

0 Comments