Tepat pada Tanggal 28 November 2019, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan sebuah acara untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2019. Acara ini dihadiri oleh Yayasan Tuna Rungu dan penyandang disabilitas serta tamu undangan dari berbagai divisi serta blogger untuk memeriahkan acara Disabilitas Internasional.



Sekilas Tentang Disabilitas 



Penyandang Disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual atau sensorik dalam jangka waktu yang cukup lama dan disaat berinteraksi penyandang disabilitas merasa sangat kesulitan berinteraksi dilingkungan social normal pada umumnya.

Maka dari itulah masih banyak orang yang menggunjing bahkan membicarakan penyandang disabilitas padahal seharusnya orang orang tidak perlu membicarakan mereka semua bahkan hal yang harus dilakukan adalah belajar mengenal dan berinteraksi dengan penyandang disabilitas. Karena mereka punya Hak hidup dan fasilitas yang sama dengan kebanyakan orang normal.

Ternyata ada acara loh untuk mengurangi dampak disabilitas yaitu dengan cara Rehabilitas secara Medik. Dimana tahapan rehabilitas ini dimulai dari masyarakat sekitar dengan cara mengetahui apa saja sih yang membuat penyandang disabilitas. Karena banyak juga penyandang disabilitas yang disebabkan oleh rusaknya Mental dalam diri kita.

Cara mengetahui penyandang disabilitas tidak luput dari pihak puskesmas, rumah sakit bahkan pemerintah yang harus memberikan pembinaan secara langsung bagaimana cara mencegah penyandang disabilitas akibat rusaknya mental seseorang. Program pembinaan penyandang disabilitas bisa dikerjakan dari unit yang terkecil dahulu misalkan, RW/RW, Kelurahan, Dusun dan masih banyak lagi.

Tujuan pembinaan ini adalah supaya masyarakat mendapatkan ilmu pengetahuan tentang penyandang disabilitas dan bagaimana sih cara pencegahannya sejak dini mungkin dan jangan sampai terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Selalu ingatlah bahwa baik itu normal maupun penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama misalkan untuk berobat, pergi ke mall bahkan bekerja sekalipun.

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Bersama Kementerian Kesehatan Rayakan Hari Disabilitas Internasional 2019