Pada sebuah kendaraan, oli atau pelumas memiliki peran yang sangat penting sehingga penggunaannya harus benar-benar diperhatikan. Jika tidak ingin kendaraanmu mengalami masalah atau bahkan kerusakan, Kamu harus memperhatikan penggunaan oli ini dengan baik. Yang terpenting adalah Kamu harus mengganti oli tepat waktu.

Jangan sampai terlambat menggantinya karena akan berakibat pada mesin kendaraan. Selain mengganti oli tepat waktu, Kamu juga perlu memperhatikan kualitas oli kendaraan yang digunakan. Tidak hanya memilih oli mobil terbaik, Kamu juga harus memilih oli motor dengan benar agar kendaraanmu memiliki performa terbaik.

Tips Memilih Oli Motor Terbaik



Menjaga dan merawat mesin kendaraan motor merupakan tugas Kamu sebagai pemiliknya. Salah satu cara merawat motor dengan baik adalah memilih oli motor berkualitas. Kamu mungkin biasa mendapatkan rekomendasi dari bengkel langganan namun ada baiknya Kamu juga tahu bagaimana cara yang benar untuk menentukan oli motor yang bagus. Langsung saja, berikut ini adalah tips dalam memilihnya:

1. Lihat spesifikasi motormu


Sama seperti ketika akan memilih oli mobil terbaik, hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin memilih oli motor yang cocok dengan kendaraanmu adalah melihat spesifikasi motor.

Spesifikasi motor ini bisa kamu lihat di buku manual yang pasti didapatkan ketika pertama membeli motor. Sewajarnya buku manual, kamu bisa melihat berbagai spesifikasi kendaraan dengan lengkap dan detail. Pada umumnya, buku manual memang dibuat untuk memudahkan pengguna ketika menggunakan kendaraan.

Sehingga kamu bisa menemukan berbagai macam hal teknis di buku ini. Beberapa spesifikasi yang bisa Kamu lihat di buku manual yaitu seperti jenis transmisi. Jika jenis transmisi sistem CVT maka jenis oli yang paling cocok adalah CVTF atau CVT Fluid.

2. Perhatikan tingkat kekentalan oli


Jika sudah tahu spesifikasi motor yang Kamu miliki maka selanjutnya perhatikan tingkat kekentalan dari oli yang akan dipilih.

Ternyata Kamu bisa melihat kualitas oli dari tingkat kekentalannya ini sehingga bisa dijadikan ukuran untuk menentukan oli motor terbaik. Dalam dunia otomotif, kekentalan oli ini disebut dengan viskosity-grade.

Kamu bisa melihat tingkat kekentalan ini dengan memperhatikan kode SAE yang ada pada kemasan oli. Oli yang encer memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan oli yang lebih kental.

3. Perhatikan kualitas oli


Selain kode SAE pada kemasan oli, Kamu juga perlu mengetahui kualitas oli dengan memperhatikan kode API atau American Petrolium Institute. Sebagai contoh yaitu API:SL, kode S tersebut yaitu Spark yang berarti oli tersebut adalah oli mesin untuk bensin. Kode huruf selanjutnya yaitu L menandakan nilai kualitas dari oli yang ada. Oli kendaraan dengan kode yang semakin mendekati huruf Z itu berarti memiliki kualitas yang semakin baik untuk menjaga komponen mesin kendaraan. Oli motor yang terbukti berkualitas adalah oli pertamina enduro.

4. Pilih bahan pembuatan oli yang sesuai dengan motormu


Secara umum, bahan pembuatan oli dibedakan menjadi dua jenis yaitu oli sintesis dan oli mineral. Keduanya memiliki kegunaan sendiri-sendiri yang menyesuaikan dengan jenis motor Kamu. Oli mineral terbuat dari ekstraksi minyak bumi sehingga lebih alami, sedangkan oli sintesis terbuat dari bahan kimia yang memiliki sifat aditif. Tentu saja oli sintesis yang lebih alami akan lebih baik untuk digunakan.

5. Hindari oli palsu


Di masa kini, Kamu masih bisa menemui oli palsu dengan mudah di pasaran. Harga oli palsu biasanya lebih murah dibandingkan oli asli sehingga banyak yang tertarik. Namun meski begitu kamu harus hati-hati karena oli palsu bisa saja malah merusak mesin motor. Untuk menghindari oli palsu, Kamu bisa menggunakan oli enduro yang terbukti asli dan berkualitas.

6. Oli Pertamina Enduro untuk Motor


Enduro merupakan produk oli yang diproduksi langsung oleh Pertamina sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Pengalaman yang dimiliki hingga puluhan tahun membuat Pertamina mampu menghadirkan produk yang bisa menyesuaikan kebutuhan pengguna kendaraan motor. Pasalnya, kebutuhan oli antara motor matik, racing, atau sport berbeda-beda. Berikut ini adalah 6 oli motor terbaik merk Enduro yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan :

1. Enduro Matic


Enduro Matic - Oli Matic Terbaik

Enduro Matic merupakan oli dari Pertamina yang dibuat khusus untuk Kamu pengguna motor matic. Oli motor ini memiliki tingkat kekentalan yaitu SAE 10W-30. Kualitas dari oli ini sangat baik dan di atas rata-rata oli pada umumnya sehingga performa motor matic milikmu akan semakin baik. Untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi, oli ini dilengkapi dengan moly additive.

2. Enduro 4T

Add caption


Enduro 4T merupakan oli yang terbuat dari bahan sintesis dengan tingkat mutu JASO MA dan API SJ. Kelebihan dari oli ini yaitu degradasi yang sangat baik pada operasi mesin dan temperatur tinggi serta stabilitas oksidasi yang baik. Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa menjaga kebersihan mesin dan memberikan perlindungan tambahan pada kendaraanmu.

3. Enduro 4T Racing

Enduro 4T Racing - Oli Motor Terbaik


Meski harga oli pertamina enduro 4T racing ini terjangkau, bukan berarti kualitas yang diberikan apa adanya. Oli mesin yang dikhususkan pada motor 4tak ini mampu memberikan peran yang sempurna. Selain itu, oli ini juga bisa meningkatkan akselerasi dari kendaraan roda dua milikmu.

4. Enduro 4T Sport


Sesuai dengan namanya, Enduro 4T Sport memang dibuat khusus untuk Kamu pengguna motor sport. Motor kesayanganmu harus dirawat dengan baik sehingga pemilihan oli ini benar-benar harus diperhatikan. Oli ini mampu meningkatkan akselerasi serta power dapur pacu menjadi lebih maksimal. Kamu yang menggunakan motor sport dengan tipe kopling basah tidak perlu kebingungan mencari oli lagi. Bahkan enduro 4T sport bisa dipakai oleh jenis motor balapan sekalipun.

5. Enduro Gear


Pertamina Lubricant memang memberikan produk enduro yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pengguna motor. Kali ini dengan Enduro Gear yang diperuntukkan bagi pengguna gearbox motor matic. Pembuatannya yang dibentuk dari formulasi antara base aditif pilihan serta oli sintetik membuat oli ini memiliki kualitas yang sangat baik. Harga oli pertamina enduro gear pun terbilang sangat terjangkau untuk setiap pengguna motor.

6. Enduro Matic-G


Enduro Matic-G merupakan produk oli dari pertamina yang memiliki tingkat mutu JASO MB. Standar mutu tersebut merupakan standar dari Jepang untuk motor matic 4 tak. Keunggulan yang bisa Kamu dapatkan jika menggunakan oli ini diantaranya yaitu mampu bertahan dengan baik dari degradasi dan oksidasi oleh radiasi panas mesin kendaraan. Dengan begitu oli yang Kamu gunakan bisa memiliki masa pakai yang lebih lama dari biasanya.

Itulah tips memilih oli motor dengan benar dan juga 6 oli yang bisa Kamu jadikan pilihan. Oli pertamina Enduro memang sudah terbukti kualitasnya sehingga Kamu tidak perlu ragu lagi untuk memilihnya. Kamu bisa memilih salah satu dari 6 oli yang ada, sesuaikan saja dengan jenis kendaraan motor yang Kamu miliki.

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk 6 Oli Pertamina Enduro Sesuai dengan Jenis Motor