Taukah kamu? Bahwa akhir – akhir ini tanpa kita sadari iklim cuaca diseluruh dunia khususnya di Indonesia mengalami perubahan yang sangatlah drastis dimana terkadang kamu mengalami tiba – tiba suhu disekitar terasa panas ketika malam hari dan siang hari pun terkadang terasa sedikit lebih sejuk.

Ternyata terjadinya perubahan iklim yang ekstrem tersebut disebabkan oleh #selimutpolusi yang disebabkan oleh banyak hal.

#Selimutpolusi Mempunyai Beragam Variasi Antara Lain :


Polusi Tanah

Selimut Polusi Membuat Bumi Semakin panas dan menyebabkan Iklim_2



Polusi ini disebabkan oleh zat kimia polutan yang banyak disebabkan oleh banyaknya orang membuang minyak ke tanah, limbah pabrik, dan limbah lainnya yang mengalir kebawah tanah yang mana hal ini akan mengakibatkan permukaan tanah akan tercemar dan bayangkan ketika ada penguapan air di dalam tanah dan mengakibatkan turunnya hujan.

Dimana hujan yang dihasilkan dari hasil limbah polusi tanah ini bersifat tidak bagus dan apabila digunakan oleh banyak orang maka akan mengganggu Kesehatan tubuh manusia.
Polusi Air

Pencemaran pada air ini bisa terjadi dimana saja bisa di air sungai, air kali, air manapun yang mana disebabkan oleh banyaknya orang membuang sampah ke sumber perairan seperti sungai dan lain lain, limbah pabrik yang bersifat cair, dan masih banyak lagi.

Lambat laun apabila dibiarkan begitu saja maka kualitas air yang diterima oleh manusia akan menurun sehingga tidak baik untuk digunakan sehari – hari mungkin itu untuk mandi, minum dan sebagainya.

Polusi Udara

Selimut Polusi Membuat Bumi Semakin panas dan menyebabkan Iklim



Polusi Udara merupakan salah satu polusi yang harus kita perhatikan dimana pencemaran udara ini disebabkan oleh gas buang Karbon Monoksida(Co) dan Karbon Dioksida (CO2). Paling banyak yang menyumbang gas polutan ke udara antara lain, Gas Buang dari transportasi kendaraan, Limbah Industri, pembakaran sampah dan masih banyak lagi limbah yang menyebabkan udara di bumi ini tercemar.

Berbicara mengenai #selimutpolusi taukah kamu? Bahwa hal tersebut dapat menyebabkan perubahan iklim yang mana bisa membuat Kesehatan tubuh manusia menurun.

Apa Itu Perubahan Iklim?

Selimut Polusi Membuat Bumi Semakin panas dan menyebabkan Iklim_5
Sumber : JS UGM



Perubahan iklim merupakan salah satu perubahan pola serta intensitas keadaan suhu iklim dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan atau bisa dibilang sih cukup lama dan biasanya penyebab utama dari perubahan iklim adalah pemanasan global.

Pemicu terjadinya pemanasan global bermacam – macam salah satunya adalah selimut polusi dari udara yang mana zat polutan dari transportasi, limbah pabrik, pembakaran sampah yang berlebihan menyebar 
ke udara dan membuat udara menjadi kotor dan tidak baik.

Dampak Perubahan Iklim Bagi Manusia


Secara garis besar perubahan iklim di dunia akan menyebabkan beberapa dampak yang sangat merugikan bagi manusia antara lain :

1. Banyaknya Bakteri, Virus, Jamur, dan Parasit

Selimut Polusi Membuat Bumi Semakin panas dan menyebabkan Iklim_6



Bayangkan apabila perubahan iklim secara ekstream terjadi seperti musim kemarau berkepanjangan akan menimbulkan berbagai macam penyebaran penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan parasit karena kelembaban udara pada musim ini sangatlah tinggi.

Sehingga microorganisme yang disebutkan diatas dapat berkembang biak dengan sangat subur dan baik.

2. Kerugian Di Berbagai Sektor Industri


Perubahan Iklim apabila terjadi tidak hanya membuat immune tubuh berkurang, Melainkan ada beberapa sectorial industry yang akan mengalami kerugian salah satunya adalah para industry pertanian.

Karena cuaca iklim yang selalu berubah tanpa sepengetahuan membuat para petani gagal panen.
Terakhir selimut polusi membuat bumi semakin panas dan menyebabkan peurbahan iklim yang merugikan banyak sector yang sudah disebutkan sebelumnya.

Maka dari itu kita sebagai #MudaMudiBumi harus ikut dalam menjaga lingkungan agar #selimutpolusi tidak menyebar secara berkelanjutan.

Hutan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi polusi dan perubahan iklim yang terus terjadi diseluruh permukaan bumi.

Selimut Polusi Membuat Bumi Semakin panas dan menyebabkan Iklim_90



Selain membangun hutan sebagai sarana penghijauan sekaligus menyegarkan lingkungan dari selimut polusi. 3 Langkah ini juga dapat membantu #TeamUpForImpact dari perubahan iklim dan selimut polusi sebagai berikut :

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi


Penyebab terbesar terjadinya polusi udara adalah banyaknya gas pembungan dari transportasi kendaraan yang setiap tahunnya terus meningkat penggunannya. Maka dari itu mungkin saja kamu bisa menggunakan transportasi umum, berjalan kaki, ataupun bersepeda ketika beraktivitas sehari – hari.
Karena dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk beraktivitas maka akan membantu bumi cepat sehat.

2. Menjaga Kebersihan dan Tidak Membuang Sampah Sembarangan


Membuat habbit akan menjaga kebersihan dan tidak membuah sampah sembarangan memang sangatlah susah. Namun dengan kesadaran yang tinggi akan hal tersebut dalam mengurangi tingkat selimut polusi di bumi loh.

Karena coba deh bayangin ketika kamu membuang sampah sembarangan ke sungai ataupun saluran air dan kemudian saluran air tersebut tercemar kamu juga kan yang akan merasakan kerugiannya.

3. Menanam Pohon Untuk Penghijauan


Kegiatan menanam pohon untuk penghijauan harus kita terapkan sedari kecil karena dengan kegiatan tersebut kita sedikit membantu menjaga lingkungan dari polusi udara yang setiap harinya terus meningkat #UntukmuBumiku

So Jadi kesimpulan dari semuanya adalah janganlah kamu mencemarkan lingkungan bumi ini karena apabila terlalu terlena maka kamu juga yang akan merasa dirugikan.

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Selimut Polusi Membuat Bumi Semakin Panas dan Meyebabkan Perubahan Iklim